Ditemukan 10 Makhluk yang Lebih Tua Dari Dinosaurus

Berita menghebohkan bahwa telah ditemukan makhluk yang lebih tua dari dinosaurus ternyata bukan merupakan isapan jempol semata. Berbagai media telah memberitakan akan kebenarannya berdasarkan penemuan bukti-bukti nyata yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Dinaosaurus merupakan hewan purba yang telah hidup jutaan tahun lalu dan hewan ini telah mengalami kepunahan. Lalu hewan apakah yang lebih tua dari hewan purba ini?

1. Semut Martialis Heureka
Menurut hasil penelitian, semut ini telah ada sekitar 120 juta tahun lalu dan telah ditemukan dihutan hujan Amazone-Brazil pada tahun 2000. Semut Martialis Heureka memiliki struktur tubuh seperti semut pada umumnya tetapi semut ini tidak mempunyai mata sehingga untuk berjalan semut ini hanya mengandalkan sensor yang ada di kepalanya.

2. Ikan Sturgeon
Ikan Sturgeon merupakan ikan yang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Ikan ini diperkirakan telah ada sekitar 200 juta tahun lalu dan dapat dijumpai di sekitar perairan Amerika Utara.

3. Hewan laut Horsesshoe Shrimp
Hewan laut ini diperkirakan telah ada sejak 200 juta tahun lalu. Horsesshoe Shrimp memiliki bentuk tubuh bulat berukuran kecil dengan dua antena dikepalanya. Panjang antenanya hanya sekitar 1 cm.

4. Tumbuhan Ginkgo Biloba
Makhluk hidup yang lebih tua dari dinosaurus selanjutnya adalah tunbuhan Ginkgo Biloba. Tumbuhan ini merupakan golongan tumbuhan berbiji terbuka yang telah ada semenjak 270 juta tahun lalu. Tumbuhan ini dapat ditemukan dimana saja dan bukan merupakan tumbuhan langka.

5. Ikan Coelacanth
Ikan Coelacanth disebut juga sebagai ikan raja laut dan telah ada sekitar 360 juta tahun lalu. Ikan ini dapat dijumpai diperairan Indonesia, Kenya, Afrika Selatan, Madagaskar, Mozambik, dan Tanzania. Coelacanth memiliki duri yang berongga.

6. Horseshoe Crab
Makhluk ini merupakan hewan yang dapat hidup didua alam yaitu air dan darat. Horseshoe Crab adalah salah satu spesies makhluk hidup tertua yang pernah ditemukan dan diperkirakan telah ada sebelum dinosaurus tertua ada yaitu sekitar 445 juta tahun lalu. Hewan ini memiliki bentuk tubuh bulat seperti tempurung dan memiliki kepala mirip kalajengking.

7. Nautilus
Nautilus merupakan binatang sejenis keong yang mempunyai tempurung untuk melindungi tubuhnya. Hewan ini telah ada semenjak 500 juta tahun lalu dan dapat dijumpai di sekitar perairan Indo-Pasifik.

8. Jellyfish
Jellyfish atau lebih dikenal dengan ubur-ubur ini telah ada semenjak 505 juta tahun lalu. Ubur-ubur merupakan hewan yang memiliki bentuk seperti payung berumbai, bertubuh tipis, dan lunak. Hewan air ini cukup berbahaya karena akan menimbulkan gatal pada kulit jika bersentuhan dengan rumbainya.

9. Sponge
Sponge atau Porifera merupakan hewan air yang memiliki pori-pori. Hewan ini telah ada sekitar 580 juta tahun lalu. Fosil tertua hewan ini telah ditemukan di Australia.

10. Cyanobacteria
Cyanobacteria diduga merupakan makhluk hidup pertama yang telah muncul di bumi. Makhluk ini telah ada sekitar 3,8 milyar tahun lalu dan hidup di sulfur dan gas metan yang ada di seluruh dunia.

Itulah beberapa fakta ditemukan makhluk yang lebih tua dari dinosaurus dan sebagian dari mahkluk hidup tersebut telah berevolusi untuk bertahan hidup dan  beradaptasi dengan perubahan lingkungannya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arsip Artikel