5 Lagu Yang Bisa Mengundang Makhluk Halus

Kelima lagu ini kerap dikira juga sebagai lagu pemanggil makhluk halus. Konon tuturnya bila lagu ini didendangkan, jadi manusia yang telah mati seolah-olah hidup kembali. Nah, penasarankan, lagu apa sajakah? Inilah penjelasannya.

1. Lingsir Wengi
Lagu Lingsir Wengi ini diakui oleh beberapa orang jawa bisa memanggil kuntilanak. Tetapi, anehnya tak ada yang tahu siapa yang membuat lagu ini. Lau Lingsir Wengi ini dinyanyikan dengan cara turun-temurun oleh orang-orang jawa. Konon tuturnya, lirik lagu Lingsir Wengi ini memiliki kandungan makna untuk memanggil makhluk halus. Seperti ini lah liriknya.

Lingsir Wengi sliramu tumeking sirno
Ojo tangi nggonmu guling awas jo ngetoro saya lagi bang wingo-wingo jin setan kang tidak utusi dadyo sebarang wojo lelayu sebet
Bila disimpulkan dalam bhs Indonesia, lirik itu mempunyai makna seperti berikut.

Mendekati malam, dirimu (bayangmu) mulai pupus janganlah terbangun dari tidurmu awas, jangan tampak (menunjukkan diri) saya tengah gelisah jin setan ku perintahkan jadilah apa pun juga, tetapi janganlah membawa maut

Ini lah sisi lirik yang dikira mempunyai makna juga sebagai pemanggil jin serta setan. Lagu ini dinyanyikan dengan suara khas orang-orang jawa, yakni seperti suara sinden. Bila lagu ini dinyanyikan memanglah bisa bikin bulu kuduk merinding. Hiii …

2. Malam Satu Suro
Satu suro yaitu hari pertama dalam kalender jawa di bln. Sura atau Suro yang bertepatan dengan 1 muhararam dalam kalender Hijjriah. Satu suro umumnya di peringati saat malam hari sesudah magrib, lantaran perubahan hari jawa diawali waktu matahari tenggelam, bukanlah waktu tengah malam.

Satu suro dikira juga sebagai hari kramat untuk orang-orang jawa, beberapa orang-orang jawa umumnya dilarang keluar rumah waktu malam satu suro, lantaran malam itu yaitu malam keramat. Oleh karenanya, orang-orang jawa berasumsi lagu malam satu suro juga sebagai lagu yang berbau mistik.

Walau sebenarnya lirik lagu itu tidak memiliki kalimat yang menyeramkan, namun orang-orang jawa tetap harus mempercayainya juga sebagai lagu pemanggil makhluk halus. Seperti ini dia liriknya.

Malam ini
sunyi sepi ku terlena dalam mimpi kau tersenyum kedamaian
Liriknya umum saja kan? Namun mesti hati-hati loh bila mau dengarkan lagunya.

3. NINA BOBO
Diceritakan ada seseorang anak wanita yang bernama Nina yang berdarah Indonesia, sedang Belanda yang bernama Helenina Mustika Van Rodjnik. Nina ini wafat ketika berusia empat th., tengah kan lagu NINA BOBOini di ciptakan oleh ibu Nina untuk menghibur Nina sewaktu ia menangis.

Tetapi, sesudah Nina wafat, ibunya senantiasa menyanyikan lagu ini serta hingga pada akhirnya Nina kembali ke tempat tinggalnya. Begitulah narasi asal mula timbulnya lagu NINA BOBO ini. Liriknya seperti ini.

Nina bobo oh nina bobo
kalau tidak bobo digigit nyamuk
Lirik ini dapat juga disimpulkan sebagai berikut.
Istirahatlah sayang, adikku manis
bila tak tidur kelak digigit nyamuk
Namun, narasi ini tidak bisa diakui seutuhnya, seluruhnya bergantung dari orang yang ingin mempercayainya atau tak.

4. Mantra Jelangkung
Jelangkung adalah suatu permainan yang punya maksud untuk memanggil makhluk halus. Beberapa orang kerap memainkan permainan ini cuma untuk bersua serta ajukan pertanyaan bakal suatu hal hal yang mau mereka kenali.

Tetapi, untuk memainkan permainan ini mesti memakai mantra, seperti yang di bawah ini.

Jelangkung jelangsat
Disini ada pesta Pesta kecil-kecilan Jelangkung jelangsat Datang tak diundang Pergi tak diantar
Seperti tersebut liriknya. Beberapa orang yang meyakini bahwa permainan ini betul-betul bisa memanggil setan. Berani coba?

5. Misteri Lagu Takdir
Konon tuturnya, Misteri Lagu Takdir ini dapat memanggil hantu yang bernama Lita. Bila anda dengarkan lagu ini ditengah malam, dengan cara mendadak bakal beralih kelakuannya, pikiran jadi kosong, dan bisa kerasukan.

Kularutkan ke malam sunyi
Kusandarkan ke hari yang hitam Ku masih tetap terpaku
Tlah ku panggil angin malam
Ku berharap kan dihempas tetapi seluruhnya percuma kau sudah pergi
Reff :
Ketika malam datang Ku tak bisa melihatmu Ketika pagi datang Ku tak bisa menyentuhmu kau telah pergi ……..
Memang salahku tak pernah tau
tentang isi hatimu namun sekarang kau tutup mata untuk selamanya

Itu lah lirik dari lagu itu. Tuturnya dimuka serta di akhir lagu itu ada bunyi dengkingan. Bunyi dengkingan itu dikira bisa bikin hantu datang. Sewaktu bunyi dengkingan itu jadi bakal terdengar nada aneh, seperti jejak kaki, nada ketukan pintu, nada benda jatuh dari atas, serta ada banyak lagi. Jadi anda mesti waspada waktu dengarkan lagu yang satu ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris

Arsip Artikel