8 Aktifitas Yang Mebuat Badan Kurus Tanpa Disadari

Bagi beberapa orang, menurunkan berat badan akan terasa sulit dan jadi program harian yang cukup menyita tenaga. Tapi, mungkin secara gak sadar kamu sudah menurunkan berat badan, dan hal ini akan berubah jadi kepanikan terutama jika dialami oleh orang yang sulit menaikkan berat tubuhnya. Mau tahu hal tak disadari apa saja yang bisa bikin berat badanmu turun, ini dia:

Selalu Sarapan

Mungkin kamu sadar pentingnya sarapan, terutama untuk memberikanmu tenaga selama beraktifitas sebelum makan siang, dan mencegahmu terserang kantuk di pagi hari. Kabar baiknya, sarapan juga membantu pencernaan bermetabolisme lebih baik, sekaligus mencegahmu makan dengan kalap sehingga berat badan gak mudah naik, bahkan menurun.

Minum Sebelum Makan

Kamu mungkin sering hanya merasa haus, tapi malah makan dalam porsi besar dan gak kunjung kenyang. Itu karena kamu mengalami dehidrasi. Makanya ada bagusnya bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan untuk banyak minum air, dan mengonsumsinya sebelum kamu makan, agar tubuhmu merasa kenyang tanpa harus banyak makan.

Makanan Lebih Murah yang Sehat

Mungkin kamu bertindak cerdas dengan mengganti jenis protein seperti ikan dan ayam hanya dengan telur, tahu, dan tempe, lalu menambahkan sayuran sebagai pelengkap makananmu. Selain lebih murah dan bisa menghemat pengeluaran, rasanya juga tetap enak dan memiliki kandungan gizi yang baik. Tapi yang gak kamu sadar, Semua makanan yang lebih murah tadi mengandung jenis protein kurus serta kandungan vitamin tinggi yang membuatmu merasa padat lebih lama jika dikonsumsi intens. Begitu juga saat kamu mengonsumsi buah sebagai kudapan pengganti dessert.

Banyak Nyemil, Tapi Teratur

Mungkin kamu takut nyemil karena gak mau beratmu naik. Atau kamu justru nyemil agar beratmu naik? Sebenarnya bukan karena cemilannya. Tapi interval waktu nyemil yang membuatmu gak terlalu ingin makan besar. Nyemil terus-menerus dengan intervel kurang dari tiga jam akan menghalau perutmu merasa lapar sehingga kamu gak berminat makan besar dan berat badanmu malah turun.

Makan Pakai Sumpit

Adakalanya makan pakai sumpit bisa jadi pilihan mengasyikkan saat makan. Meskipun kamu tidak terbiasa menggunakannya, tapi makan pakai sumpit secara langsung akan memperlambat makanmu dan membuatmu merasa penuh lebih cepat. Hal ini karena otak akan bereaksi terhadap cara makanmu yang lambat dan menyadari lebih cepat bahwa kamu sudah cukup makan.

Gosok Gigi Setelah Makan Malam

Sikat gigi setelah makan malam bukan hanya baik bagi kesehatan mulut, tapi juga memadamkan nafsu makanmu semalaman. Kamu akan terhindar dari penyebab kenaikan berat badan, yaitu keinginan mengonsumsi cemilan, apalagi makan besar di tengah malam, sekalipun hanya mie instan.

Asik Main Game

Ada dua hal dalam game yang membuat berat badanmu turun. Pertama adalah fokus menikmati permainan yang membuatmu lupa makan dan nyemil, sedangkan yang kedua adalah sensor gerak yang terdapat pada jenis-jenis permainan seperti Wii Boxing atau Dance Revolution-nya Play Station.

Banyak Tidur

Nah lho, kebiasaan enak seperti ini ternyata bisa menurunkan berat badan. Mereka yang tidur 4-5 jam sehari bisa naik berat badan hingga 2 kg jika dibandingkan dengan mereka yang tidur 7-8 jam sehari. Hal ini karena kurang tidur memicu rasa lapar dan memperlambat kalori. Jadi, jika kamu ingin turun berat badan, tidur yang banyak agar kamu gak mudah merasa lapar.


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arsip Artikel