Cemburu Yang Positif Adalah Obat Untuk Sebuah Kesuksesan

Kita tahu bahwa rasa cemburu atau iri hati adalah salah satu sikap negatif yang berakar dalam diri seseorang. Cemburu membuat seseorang tidak bersyukur atas apa yang dimiliki dan membandingkan diri dengan apa yang dimiliki orang lain. Namun tahukah Anda bahwa cemburu ternyata bisa bertujuan baik lho.

Emosi cemburu ternyata bisa bertindak sebagai kompas atau kaca pembesar bagi seseorang untuk mencapai tujuan kehidupannya, termasuk dalam pencapaian karir. Karena Anda akan berkesempatan untuk menemukan kemampuan Anda sendiri saat dipacu untuk menjadi lebih atau sama seperti orang –orang sukses yang Anda kenal. Dalam hal ini, cemburu dikategorikan sebagai pelecut semangat yang dapat  membuat Anda menjadi :

Sadar dan terpacu untuk mencoba

Misalnya, Anda adalah pekerja yang sebenarnya punya bakat terpendam lain, dan ketika Anda melihat orang lain bisa mengembangkan bakat tersebut Anda mulai cemburu. Emosi itu membuat Anda menjadi terpacu untuk melakukan hal serupa. Cemburu mendorong Anda untuk percaya diri dan mulai berani mengembangkan bakat yang Anda punya.

Mencoba menjalin koneksi

Ketika Anda melihat seseorang melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Atau memiliki apa yang Anda inginkan, Anda terdorong untuk menjalin hubungan dengannya. Misalnya, Anda mungkin adalah pekerja yang selalu menghadapi kesulitan dalam satu bidang pekerjaan. Dan Anda menemukan ada rekan  atau orang lain yang sukses menjalankan tugas dalam bidang yang sama dengan baik. Tentunya dengan menjalin hubungan dengannya, Anda bisa belajar bagaimana mengatasi masalah pekerjaan Anda.

Menimbulkan rasa ingin tahu

Ketika Anda merasa iri dengan kesuksesan seseorang, Anda akan merasakan penasaran. Ada perasaan ingin tahu yang tinggi tentang bagaimana mencapai kesuksesan itu, setidaknya ingin tahu tentang jalan dan kisah bagaimana mencapainya.  Cemburu mendorong Anda untuk menemukan rahasia  sukses orang lain.

Menciptakan kesempatan

Kecemburuan muncul ketika Anda merasa posisi Anda terancam karena menemukan ada orang lain yang lebih baik dan lebih sukses dari Anda. Ketika emosi ini muncul, kelola rasa cemburu Anda dengan baik dan gunakanlah itu sebagai keuntungan Anda, yakni mereka mengingatkan Anda untuk tidak mudah berbesar hati dan menyadari bahwa Anda masih harus terus bekerja keras.

Lebih banyak bersyukur

Ketika emosi ini muncul, jangan biarkan Anda fokus pada sesuatu yang Anda belum miliki. Sebaliknya, berfokuslah dengan apa yang Anda miliki dan bersyukur atas hal itu. Jika rumput tetangga kelihatan lebih hijau, maka berusahalah untuk terus menyiram rumput di halaman Anda sendiri, fokus pada apa yang terjadi, berikan perhatian dan saksikan pertumbuhannya.

Ingat, emosi cemburu pun bisa bertujuan baik bila Anda mampu menguasainya dan menjadikannya sebagai pelecut semangat untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan karir Anda.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arsip Artikel