Inilah 3 Pulau Paling Besar di Dunia !



Berikut ini adalah 3 pulau terbesar di dunia.

1. Greenland (Tanah Hijau)
greenland
Greenland

Pulau terbesar di dunia adalah Pulau Greenland yang memiliki luas 2.130.800 km persegi. Pulau yang menjadi wilayah negara Denmark ini terletak di antara Kutub Utara dan Samudera Atlantik. Dengan perkiraan populasi 56.452 jiwa pada tahun 2010 menjadikan Greenland sebagai pulau dengan kepadatan penduduk terendah di dunia.

Greenland dalam bahasa Inggris, atau Tanah Hijau (nama resmi: Kalaallit Nunaat, bahasa Denmark: Grønland), adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada. Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Tanah Hijau diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Tanah Hijau adalah Nuuk

2. Papua
papua-nugini
Papua Nugini

Pulau Papua atau Irian atau Guinea Baru (Bahasa Inggris: New Guinea) adalah pulau terluas kedua di dunia dengan luas 800.000 km². Pulau ini dibagi menjadi dua wilayah yang bagian baratnya dikuasai oleh Indonesia dan bagian timurnya merupakan negara Papua Nugini. Papua Nugini terletak di sebelah barat daya Samudera Pasifik. Pegunungan mendominasi geografi pulau ini. Setengah bagian New Guinea yang berada di sisi barat merupakan provinsi Papua hampir tertutup oleh pegunungan yang tingginya 16.024 kaki.

Istilah “Papua” digunakan untuk merujuk kepada pulau ini secara keseluruhan. Nugini berasal dari kata New Guinea, nama yang diberikan oleh orang Barat, yang di-Indonesiakan. Mereka dahulu berpendapat bahwa tanah Papua mirip Guinea, sebuah wilayah di Afrika. Jadi mereka sebut Guinea baru. Istilah “Papua” sekarang juga digunakan untuk merujuk kepada provinsi di Papua bagian barat yang dikuasai oleh Indonesia, yaitu Papua dan Papua Barat. Di pulau ini terletak gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya (5.030 m)

3. Kalimantan
kalimantan
Pulau Kalimantan

Kalimantan adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah Barat Pulau Sulawesi.  Merupakan pulau terluas ke tiga di dunia dengan luas 726.000 km². Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia. Pulau ini menjadi bagian dari tiga negara, Indonesia memiliki 73% dari pulau ini, 26% dari dimiliki Kerajaan Malaysia dan 1% dimiliki oleh Kerajaan Brunei. Kalimantan mencakup area seluas 748.168 km persegi.

Seringkali pulau ini secara keseluruhan disebut Borneo sedangkan wilayah Indonesia disebut Kalimantan, lalu wilayah Malaysia disebut Sarawak dan Sabah. Selain itu ada pula kesultanan Brunei. Pada zaman dahulu, Borneo adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda, sedangkan nama pulau Kalimantan digunakan oleh penduduk Indonesia. Dalam bahasa Indonesia dahulu, Kalimantan Utara adalah sebutan untuk Borneo Utara (Sabah), tetapi dalam pengertian sekarang Kalimantan Utara adalah Kalimantan Timur bagian utara. Jadi dalam arti luas Kalimantan meliputi seluruh pulau Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arsip Artikel