Bangunan Yang Akan Di Banggakan Oleh Rakyat Indonesia

Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain. Indonesia bahkan memiliki mega proyek kelas dunia. Mega proyek yang sudah jadi adalah jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dengan Madura. Ada yang masih dalam perencanaan dan ada juga yang sudah dalam tahap penyelesaian. Diantara mega proyek tersebut, yaitu:


Surabaya Sport Center (SSC)


Surabaya segera akan memiliki kompleks olahraga supermegah dengan fasilitas superlengkap. Proyek bernama Surabaya Sport Center (SSC), yang memakan dana Rp 440,2 miliar. Berlokasi di kawasan Benowo, Surabaya Barat, kompleks itu terdiri atas sebuah stadion utama berkapasitas 50 ribu penonton, sebuah stadion indoor berkapasitas 10 ribu penonton, dan sebuah masjid. Nanti kompleks tersebut juga direncanakan memiliki stadion atletik dan sirkuit.


Theme Park Studio


Theme Park yang saat ini terletak di Makasar Sulawesi, ini akan menjadi Theme Park Indoor terbesar yang ada dii dunia. Sebenarnya di Amerika Serikat ada Theme Park Indoor paling besar, dan mungkin Theme Park di Makasar ini akan menjadi yang di Asia. Konsep yang di pakai Theme Park ini seperti Universal Studio yang ada di Amerika.




Menara Jakarta


Jakarta akan segera memiliki salah satu menara tertinggi di dunia yang dinamakan “menara Jakarta”. Pembangunan Menara Jakarta yang menelan anggaran Rp 5 triliun ini ditargetkan rampung 2012 mendatang. Menara Jakarta setinggi 558 meter ini nantinya akan mengalahkan Oriental Pearl Tower, Shanghai, setinggi 460 meter, KL Tower di Malaysia 421 meter, dan CN Tower di Kanada setinggi 533 meter. Dan tak kalah penting, Menara Jakarta akan dijadikan sebagai pusat jaringan telekomunikasi dan multimedia dengan data center dan disaster recovery center. Menara Jakarta juga akan dijadikan sebagai traffic control dan pusat jaringan fiber optik di Jakarta dan menjadi menara telekomunikasi dan broadcasting tertinggi di dunia. Yang menarik dari Menara Jakarta adalah bentuk kaki tiang menara yang memiliki bentuk tiga kaki yang menopang hingga ke atas. Bentuk semacam ini hanya satu-satunya di dunia untuk gedung-gedung pencakar langit.

Perpustakaan Universitas Indonesia (UI)


Indonesia akan memiliki perpustakaan termodern, terbesar dan terindah di dunia yang akan berlokasi Universitas Indonesia (UI) Depok seluas 2,5 hektar. Lokasi bangunan berada di tepi danau Kenanga Universitas Indonesia. Gedung initerdiri atas delapan lantai dan akan memiliki luas bangunan 30.000 m2. Rancangan gedung ini tahan gempa dan ramah lingkungan. Kebutuhan energi menggunakan sumber energi matahari selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik dan dengan anggaran sekitar Rp 100 miliar. Pembangunan gedung perpustakaan ini merupakan salah satu upaya UI menuju World Class University dan masuk ranking 100 besar perguruan tinggi terbaik di dunia.
Semoga dapat terlaksana dengan baik.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arsip Artikel